19 Sep 2014

Author: selvia12m | Filed under: Uncategorized

hy guys..

gak henti-hentinya nih mencari ilmu dan pengetahuan terutama  di bidang komputer biar kagak di bilang gaptek :)

yang pertama aku bakal jelasin tentang managemen file dan directory :

Directory dapat diibaratkan sebagai map/wadah yang berisi folder dan file-file yang disimpan di dalamnya. Directory juga bisa diibaratkan sebagai lemari pakaian, semua file yang dibuat adalah pakaian, dan folder adalah laci lemari yang digunakan untuk menyimpan semua pakaian tadi. Bayangkan, jika kita tidak memiliki lemari dengan laci-laci, maka semua pakaian akan bertumpuk begitu saja, sehingga terlihat berantakan dan tidak rapi.

Directory digunakan untuk mempermudah pengelompokkan file-file dan directory. File-file dan directory yang ada harus dikelompokkan dan diorganisasikan dengan baik sehingga jika kita membutuhkan data-data/file tertentu kita dapat mencari dan mendapatkannya dengan mudah.  folder adalah tempat untuk menyimpan file. Setiap file dalam hierarki suatu directory dapat dispesifikasikan berdasarkan nama jalur (path name) hierarki tertinggi suatu directory. Untuk mendapatkan keberadaan sebuah file, directory bersifat mutlak. Directory berisi nama file, jenis file, alamat di disk dimana file disimpan, dan ukuran file saat ini. Directory juga berisi informasi tentang perlindungan file, dan mungkin juga berisi informasi ketika file diciptakan dan ketika itu terakhir dimodifikasi.

Satu directory dapat berisi subdirectory banyak. Selanjutnya, subdirectory dapat berisi subdirectory sendiri, sehingga menciptakan struktur hirarki.Oleh karena itu, sistem file sering dipandang sebagai pohon directory, menampilkan directory dan file directory dalam lainnya.Directory pada tingkat tertinggi disebut directory root.

Sebuah directory dan folder adalah hal yang sama. Folder Windows di drive C:\Windows adalah hal yang sama seperti C:\Windows di MS-DOS. Oleh karena itu, benar-benar tidak ada perbedaan antara keduanya, selain dari penamaannya. Namun, ketika mengacu pada antarmuka baris perintah seperti MS-DOS atau Linux itu lebih tepat dikatakan directory bukan folder. Dalam antarmuka pengguna grafis (GUI), seperti Windows, itu lebih tepat dikatakan folder bukan directory. Cara mudah untuk mengingat aturan ini adalah bahwa ketika melihat folder dan file pada Windows folder akan memiliki gambar folder, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Dalam baris perintah, tidak ada gambar folder.kita dapat lihat pada gambar beikut ini :

 

 

linux

Kalimat pertama ketika menjalankan emulator ini adalah ‘Linux emang ga ada duanya bro !!’, bagaimana tidak aplikasi berbasis DOS yang sudah jadul bisa jalan di linux tanpa masalah bahkan tanpa menginstal windows atau produk microsoft sama sekali. Nah kasus ini penulis hadapi ketika akan menjalankan aplikasi Pelaporan Semestar EPSBED untuk Perguruan tinggi dimana penulis bekerja. Aplikasi tersebut dibuat dibangun oleh FOxpro yang jalan under DOS, sempet bingung juga ketika memutuskan migrasi ke linux sebagai OS utama tapi setelah berkeliling di dunia maya menemukan sebuah emulator untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dos bahkan game-game dos jaman dulu. Nama emulator tersebut adalah DOSBOX.

Comments are closed.

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme